Bahasa Indonesia_7.jpg

Mengenal Teks Laporan Observasi

Squad, pernahkah kalian ditugaskan oleh guru untuk melakukan kegiatan pengamatan atau observasi? Setelah kalian melakukan kegiatan observasi, kalian harus menuliskan teks laporan observasi. Lalu, apa yang dimaksud dengan teks laporan observasi? Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.
Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.
Ciri-Ciri Teks Laporan Observasi
  1. Teks bersifat objektif, yakni penulis tidak dibenarkan untuk memihak kepada orang atau pihak tertentu.
  2. Teks berdasarkan fakta, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan berdasarkan data yang sebenarnya dalam kehidupan nyata dan bukan hasil karangan, khayalan, imajinasi, atau angan-angan penulis.
  3. Teks bersifat khusus atau spesifik, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan secara jelas pada suatu hal atau permasalahan dan tidak membahas hal lain di luar hal atau masalah yang dibahas.
  4. Teks disajikan secara lengkap, yakni penulis harus menyajikan atau memberikan semua hasil peninjauan atau pengamatan yang dibutuhkan untuk keperluan pembaca tanpa terkecuali secara terperinci satu per satu.
  5. Teks disajikan secara menarik dan mudah dipahami oleh pembaca, yakni penulis harus menyesuaikan teks laporan observasi yang dibuatnya dengan kebutuhan pembacanya.
tujuan teks laporan observasi.png
Struktur Teks Laporan Observasi
  1. Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
  2. Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan. Kalau binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, perilaku. Kalau tumbuhan berupa perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain. Perincian manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.
  3. Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.
Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Observasi
  1. Menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu. Definisi menggunakan adalah dan merupakan.
  2. Menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci). Pada bagian deskripsi, digunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektif. Kata sambung yang digunakan: yaitu, dan, selain itu, di samping itu, dari segi ...., rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan lain-lain.
Bagaimana Squad? Sudah paham bukan? Nah, dalam melakukan kegiatan observasi biasanya kita tidak sendirian Squad, melainkan mengerjakannya secara berkelompok. Ingin belajar kelompok seru secara online? Yuk, bergabung di Ruangguru digitalbootcamp. Di sini kamu akan belajar di sebuah group chat bersama teman dari seluruh Indonesia dengan tutor standby yang selalu siap menjawab semua pertanyaan kamu kapan pun dan di mana pun.
New Call-to-action