latihan soal

Artikel ini membahas soal-soal latihan untuk persiapan UASBN IPA kelas 6 SD

--

Latihan Soal dan Pembahasan UASBN IPA Terpadu Kelas 6 SD

Hai, siapa nih di antara kamu yang suka memerhatikan lingkungan sekitar? Pernah 'kan kamu melihat kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga yang sedang mekar? Terus melihat ayam dan unggas-unggas yang berkeliaran di pekarangan, juga melihat berbagai bentuk benda di dalam rumah kamu. 
Asy kik ya ngeliatin hal-hal yang ada di sekitar kita. Kadang, kamu suka penasaran nggak sih kenapa kok kalau ibu masak air, eh malah keluar asap kayak asap jin. Terus kalau kamu letakkan air di dalem freezer, airnya berubah jadi es batu. Begitu juga dengan hal-hal lainnya. 
Banyak banget hal menarik sebenernya Squad. Nah, semua itu bisa kita cari tau lewat ilmu pengetahuan. Kalau contohnya kaya tadi, itu banyak pembahasannya di mata pelajaran IPA. 
Karena berhubung kamu sebentar lagi akan ujian, biar kamu makin jago dan paham menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diujikan, yuk kita latihan soal UASBN IPA kelas 6 lewat artikel ini. 
separator IPA
1. Topik: Benda dan sifatnya
Subtopik: Sifat bahan dengan kegunaannya
Indikator: Menyebutkan perbedaan sifat dari dua buah benda berdasarkan nama benda yang disebutkan.
Level kognitif: C2 MOTS
Perhatikan data berikut.
  1. Buku tulis                    3. Jus buah
  2. Payung                         4. Kopi
Perbedaan sifat dari benda-benda di atas adalah ....
a.  latihan soal
b. latihan soal
c. latihan soal
d. latihan soal
Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Buku tulis dan payung merupakan contoh benda padat, sedangkan jus buah dan kopi merupakan contoh benda cair. Maka jawaban yang paling tepat mengenai perbedaan sifat benda adalah pada tabel B.
separator IPA
2. Topik: Benda dan sifatnya
Subtopik: Perubahan wujud benda
Indikator: Memasangkan kegiatan yang dilakukan dengan perubahan wujud yang terjadi berdasarkan tabel
Level kognitif: C2 MOTS
Pasangan perubahan wujud benda dan kegiatannya yang tepat ditunjukkan oleh ....
https://lh6.googleusercontent.com/hlMC1hCS-6waGr39lnplUkS1FnqXcpxFXV6LuWsXriN_TBy_qHJ9UjtumkvFPXP8W3tC2qcDZXFXW7zqBoCph_DQGLzSCCw8NNT1gifaTHtZ9BBPicLeeOY1TVUQgYUY0NFfw5MUvgmtpdSHcA
Kunci jawaban : C
Pembahasan:
Perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Contohnya ialah pada saat kita memasak air. Uap air mudah dilihat saat air panas dituang. Benda cair dapat berubah menjadi benda gas jika dipanaskan. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap.
separator IPA
3. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Bentuk energi dan perubahannya
Indikator: Menyebutkan benda-benda yang mengalami perubahan energi yang sama
Level kognitif: C1 LOTS
Perhatikan benda berikut!
  1. baterai           3. bola lampu         5. rice cooker
  2. generator     4. setrika listrik      6. oven
Contoh-contoh benda yang mengalami perubahan energi yang sama ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1, 2, dan 3                                c. 1, 3, dan 6
b. 2, 4, dan 5                                d. 4, 5, dan 6
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Baterai contoh benda perpindahan energi kimia menjadi energi listrik. Generator contoh benda perpindahan energi gerak menjadi energi listrik. Bola lampu contoh perpindahan energi listrik menjadi energi cahaya. Setrika listrik, oven, dan rice cooker contoh perpindahan energi listrik menjadi energi panas. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D
separator IPA
4. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Jenis-jenis gaya
Indikator: Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada suatu kejadian
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
Image result for crane magnet
Paman ingin menarik logam dan memisahkan dari barang rongsokan lainnya menggunakan alat seperti pada di gambar. Gaya yang digunakan pada alat tersebut adalah...
a. gravitasi                          c. gesek
b. pegas                               d. magnet
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Gaya yang dapat menarik benda-benda logam adalah gaya magnet. Alat seperti pada gambar menggunakan elektromagnet, yaitu gaya magnet yang timbul saat dialiri aliran listrik.
separator IPA
5. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Bunyi
Indikator: Menganalisis proses perubahan bentuk energi pada sebuah alat musik hingga menghasilkan bunyi
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
Related image
Alat musik seperti pada di gambar dapat mengubah energi .... menjadi energi bunyi
a. gerak                           c. listrik
b. panas                          d. kimia
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Bunyi yang kita dengar dari sumber bunyi sebenarnya dapat didengar karena adanya getaran dari sumber bunyi tersebut. Pada saat angklung kita gerakkan maka akan diperoleh bunyi. Tetapi, jika angklung tersebut didiamkan maka angklung tidak dapat mengeluarkan bunyi.
separator IPA
6. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Listrik dan magnet
Indikator: Memprediksi hal yang akan terjadi pada nyala beberapa lampu dalam suatu rangkaian listrik campuran (Seri-paralel) saat saklar ditutup atau dibuka
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
http://3.bp.blogspot.com/-BHdw3hBbY30/T4Did_Fo2pI/AAAAAAAAOP4/-t0AMdJ4nvU/s200/listrik+paralel.jpg
Jika saklar E dan G disambung, maka lampu yang menyala adalah ....
a. lampu A, B, dan C                         c. lampu A, B, dan D
b. lampu B, C, dan D                        d. lampu A, C, dan D
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Lampu A, C, dan D akan menyala karena rangkaian listrik tertutup. Arus listrik akan mengalir jika rangkaian listrik dipasang tertutup
separator IPA
7. Topik: Bumi dan alam semesta
Subtopik: Gerhana bulan dan gerhana matahari
Indikator: Menunjukkan posisi bulan saat gerhana bulan sebagian
Level kognitif: C2 MOTS
Perhatikan gambar berikut!
Related image
Jika bulan berada pada posisi 2 dan 4, maka gerhana yang terjadi adalah gerhana...
a. bulan total                                 c. matahari total
b. bulan sebagian                       d. matahari sebagian
Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Jika bulan berada pada posisi 2 dan 4, matahari akan terhalang sebagian oleh bumi. Hal ini mengakibatkan hanya sebagian dari cahaya matahari yang dipantulkan bulan, sehingga yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian
separator IPA
8. Topik: Bumi dan alam semesta
Subtopi: Siklus air
Indikator: Menganalisis dampak dari siklus air yang terjadi terhadap makhluk hidup di bumi
Level kognitif: C4 HOTS
Kegiatan manusia yang dapat mengganggu daur air berupa penyerapan air adalah …
a. pelapisan jalan dengan aspal                         c. pembuatan biopori
b. pelapisan tanah dengan pasir                       d. pembuatan hutan lindung
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Melapisi jalan dengan aspal dapat menganggu penyerapan air. Aspal yang menutupi jalan mengurangi kemampuan tanah untuk menyerap air. Air hujan akan langsung menuju selokan.
separator IPA
9. Topik: Makhluk hidup dan lingkungannya
Subtopik: Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Indikator: Menganalisis jenis simbiosis/hubungan yang terjadi antara 2 makhluk hidup berdasarkan gambar yang diberikan
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
latihan soal
Hubungan yang terdapat seperti pada gambar merupakan simbiosis...
a. komensalisme                                      c. mutualisme
b. parasitisme                                           d. habitat
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Simbiosis adalah hubungan saling ketergantungan antara dua makhluk hidup. Simbiosis ada tiga, yaitu:
  • Simbiosis mutualisme: kedua belah pihak diuntungkan, seperti: kerbau dengan burung jalak, dan kupu-kupu dengan bunga
  • Simbiosis komensalisme: satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain tidak berpengaruh, seperti: paku sarang burung dengan pohon yang ditumpanginya
  • Simbiosis parasitisme: satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain dirugikan, seperti kutu dengan manusia
Pada gambar di atas termasuk dari simbiosis mutualisme
separator IPA
10. Topik: Makhluk hidup dan lingkungannya
Subtopik: Penyesuaian diri makhluk hidup
Indikator: Menyebutkan tujuan atau fungsi dari jenis adaptasi yang dilakukan oleh hewan atau tumbuhan tertentu
Level kognitif: C1 LOTS
Perhatikan gambar berikut! 
https://lh3.googleusercontent.com/7P-Q01iDzgz9YH2TFAxpR27yV0OmCQuml9ZQySp5YQo9AFhlWIBAgrzr27MYmPhT709eOBNsRbyl-iCz94CdW4xK321wC-DBDxYCDMFWSvhhy6q5yC5sS61RFYQC7PND2Lo6ccze_ePAfA2Tkw
Fungsi bagian yang diberi tanda panah pada hewan di samping adalah untuk....
a. mengeluarkan tinta hitam                                 c. mengelabuhi musuh
b. mengeluarkan bisa                                               d. mengeluarkan duri tubuhnya
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Hewan di atas adalah cicak. Tubuh cicak terdiri atas kepala, badan, kaki, dan ekor. Ketika dalam keadaan bahaya, cicak dapat memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuh.
separator IPA
11. Topik: Makhluk hidup dan lingkungannya
Subtopik: Penyesuaian diri makhluk hidup
Indikator: Menganalisis jenis adaptasi hewan atau tumbuhan tertentu berdasarkan tipe adaptasi yakni morfologi, fungsional, atau tingkah laku
Level kognitif : C4 HOTS
Pasangan jenis dan bentuk kaki burung yang tepat adalah...
https://lh4.googleusercontent.com/z4mzOidGSoKA6efkTbfcdJcCGF4MnGksX3DAoNEoGqL0rYZFk3OMKmQMPA06Nl7R3y2_IxExhhpvGZPnhkysA6UDh_xCEFJJNErfxUqRyuqL7ArMqKo0eYPynxlfGms-tUVAxgZBELa1j9iwnA
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Jenis dan bentuk kaki burung dipengaruhi oleh lingkungannya. Maka dari itu, setiap jenis kaki memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti yang dijelaskan pada tabel
https://lh5.googleusercontent.com/ou1cDn1un5eX56HuDNKdgxMIexx-2_WKNon9FdeV3YIv5vpMetDHICjKg01rXQuvtOZoHzfNbKKvvKqzYm4jxPiVQk4AwLsU2CcbgJLthYoCJLFnLAqTWiKgY6EHZJdXbmESnkYcyPcYb7s6Sw
Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan C
separator IPA
12. Topik: Struktur dan fungsi makhluk hidup
Subtopik: Sistem pernapasan pada manusia dan mekanismenya
Indikator: Menyebutkan fungsi bagian dari sistem pernapasan manusia yang ditunjukkan oleh anak panah pada ilustrasi/gambar
Level kognitif: C1 LOTS
Perhatikan gambar berikut!
https://lh4.googleusercontent.com/izV9r1Ds3k83KiKZsTuU7w47SdWJKOwv9-_22UZDR_tAemegtY7AdasoiiZAWuLAz1bUB8S8XkgPziV0Qh_4IjEDNa-wppd3c55ulrPHgK9-8oR2CL4M5qKEnoZOLaUuqCaBVqbURB-LqlpfxA
Fungsi alat pernapasan yang ditunjuk oleh tanda panah adalah...
a. cabang tenggorokan
b. tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida
c. penghubung antara hidung dan paru-paru
d. tempat masuknya udara
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Bagian yang ditunjuk adalah organ hidung. Dalam sistem pernapasan manusia, hidung berfungsi untuk tempat masuknya udara pernapasan. Selain itu, rongga hidung berfungsi untuk penyaringan serta penyesuaian suhu dan kelembapan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia.
separator IPA
13. Topik: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Subtopik: Hubungan antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Indikator: Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu
Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut ini!
1. akar tidak menancap di dasar perairan
2. akar lebat untuk menjaga keseimbangan
3. seluruh batangnya terdapat rongga udara
Ciri-ciri tumbuhan tersebut dimiliki oleh….
a. eceng gondok
b. teratai
c. kaktus
d. pohon mahoni
Kunci: A
Pembahasan:
Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh tumbuhan air yaitu eceng gondok. Eceng gondok memiliki struktur tubuh yang mendukung untuk mengapung di air. sedangkan teratai meskipun tumbuhan air namun memiliki ciri yang berbeda yaitu akarnya berada di dasar perairan, batangnya terdapat di dalam air, daunnya menyembul di permukaan, dan daunnya lebar serta tipis.
separator IPA
14. Topik : Bumi dan Alam Semesta
Subtopik : Sistem Tata Surya
Indikator : Peserta Didik mampu menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi
atau Hijriah
Dasar perhitungan kalender Masehi/Hijriah adalah….
a. revolusi bulan
b. rotasi bulan
c. revolusi bumi
d. rotasi bumi
Kunci: C
Pembahasan: Perhitungan kalender Masehi/Hijrian berdasarkan peredaran bumi bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) lamanya 365 ¼ hari, sehingga dalam empat tahun sekali dalam satu tahun ada 366 atau disebut dengan tahun kabisat
separator IPA
15. Topik: Energi dan Perubahannya
Subtopik: Listrik dan Magnet
Indikator: Peserta didik mampu menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!
Hasil gambar untuk membuat magnet secara induksi
Sumber: izzah0112.blogspot.co.id
Cara membuat magnet pada gambar adalah dengan cara….
a. gosok
b. induksi
c. aliran listrik
d. elektromagnetik
Kunci: B
Pembahasan: Berdasarkan gambar pembuatan magnet tersebut secara induksi. Caranya dengan menempelkan benda-benda yang terbuat dari logam dengan magnet, cara ini bersifat sementara.
separator IPA
16. Topik: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Subtopik: Pelestarian Lingkungan
Indikator: Peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan lingkungan
berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah
Banjir di ibu kota sudah menjadi hal yang biasa, hal ini dikarenakan sungai, dan penampungan air sudah terpenuhi oleh sampah. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah….
a. melestarikan hutan mangrove
b. membuang sampah pada tempatnya
c. penanaman hutan kembali
d. mematikan kran air jika tidak digunakan
Kunci: B
Pembahasan:
Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya banjir sebagian besar dipicu oleh aktivitas manusia. Aktivitas manusia tersebut diantaranya adalah membuag sampah ke kali, sungai, dan penampungan air yang mengakibatkan aliran air menjadi tersendat dan meluapnya air sehingga terjadilah banjir. Hal tersebut dapat kita cegah dengan cara membuang sampah pada tempatnya serta dapat mengelola sampah tersebut agar dapat digunakan kembali.
separator IPA
17. Topik: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Subtopik: Pelestarian Lingkungan
Indikator: Peserta didik mampu menjelaskan akibat dari kegitan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan
Perhatikan gambar di bawah ini!
latihan soal ipa uasbn
Berdasarkan gambar di atas dampak negatif terhadap lingkungan yang terjadi adalah….
a. meluasnya resapan air
b. tempat tinggal makhluk hidup semakin luas
c. tanah kehilangan kesuburannya
d. pohon mudah ditanam
Kunci: C
Pembahasan:
Pada gambar terlihat areal bekas pertambangan. Dampak negatif yang terjadi dari aktivitas pertambangan tersebuat adalah tanah kehilangan kesuburannya, terganggungnya habitat hewan, berkurangnya resapan air, serta pencemaran sungai karena limbah yang dihasilkan.
separator IPA
18. Topik: Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Subtopik: Sistem Organ
Indikator: Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem peredaran darah pada manusia
Fungsi dari pembuluh nadi adalah.....
a. sari-sari makanan
b. air
c. karbondioksida
d. oksigen
Kunci: D
Pembahasan:
Pembuluh nadi disebut juga pembuluh arteri yang membawa darah kaya akan oksigen keluar dari jantung, kecuali arteri pulmonalis yang membawa darah kaya karbondioksida dari jantung menuju paru-paru.
separator IPA
19. Topik: Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Subtopik: Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Indikator: Peserta didik mampu menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar terkait
Perkembangbiakan tumbuhan tersebut dilakukan dengan cara….
a. cangkok
b. okulasi
c. merunduk
d. stek
Kunci: C
Pembahasan:
Merunduk atau layering merupakan salah satu proses perkembangbiakan vegetatif yang dapat dilakukan oleh tanaman berbatang panjang yang merunduk ke tanah. Bagian batang yang meruduk ke tanah dan tertutup oleh tanah akan tumbuh akar dan menjadi tanaman baru.
separator IPA
20. Topik: Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Subtopik: Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Indikator: Peserta didik mampu menentukan cara perkembangbiakan hewan tertentu yang disajikan dalam gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!
Hasil gambar untuk ikan pari ovovivipar
Perkembangbiakan hewan tersebut dilakukan dengan cara….
a. konjugasi
b. ovipar
c. vivipara
d. ovovivipar
Kunci: D
Pembahasan:
Hewan pada gambar adalah ikan pari, hewan ini berkembangbiak dengan cara ovovivipar telur yang ada dalam kandungan tidak langsung dikeluarkan dan dibiarkan menetas begitu saja. Akan tetapi, telur tersebut akan disimpan didalam tubuh ikan pari betina sampai embrionya tumbuh dan berkembang dalam kandungan hingga mencapai titik yang optimal.
separator IPA
Gimana? Asik kan soal-soal latihannya? Memang benar kan, hampir setiap apa yang kita perhatikan di sekeliling kita, ternyata bisa dipelajari lewat ilmu pengetahuan alam. Nah, beruntunglah kamu yang suka bertanya, suka menanyakan hal-hal yang menarik perhatian kamu. Dengan kamu banyak bertanya, maka keingintahuan kamu semakin bertambah. 
Ketika kamu sudah banyak tau berbagai macam hal, kalau dikasih soal-soal ujian kaya begini mah jadi gampaaang ngerjainnya. Soalnya kamu udah tau hehe. Nah caranya supaya kamu tau, ya tinggal banyak belajar. Bisa baca buku, ngobrol sama orang tua, saudara, dan teman yang paham. Ataaau kamu juga bisa belajar lewat video pelajaran yang ada di ruangbelajar.
ruangbelajar