Latihan Soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD Kelas 6



Latihan soal UASBN SD kelas 6

Artikel ini menyajikan latihan-latihan soal USBN Matematika Kelas 6 SD. Melatih siswa-siswi untuk memahami soal melalui pembahasan yang disajikan.
--
Ciyeee sebentar lagi kamu mau UASBN ya? Wah degdegan nggak sih kalau udah deket-deket hari ujian gini? Hmm kayaknya kalau anak kaya kamu enggak akan deg-degan deh, soalnya kamu pasti udah dari jauh-jauh hari memelajari materi yang diajarin guru. Ditambah lagiii materi yang kamu pelajarin pasti bukan cuma kamu hapal, tapi kamu pahami dan pamu praktekin di kehidupan sehari-hari. Benar begitu nggak nih Squad?
Nah, biar makin siap dan percaya diri, yuk kita latihan soal USBN matematika kelas 6 bareng. Biar asik, latihannya sambil makan biskuit, atau buah, atau sayur juga boleeh. Jumlah soalnya ada 20 nih, simak baik-baik ya.
uasbn matematika
1. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya

Hasil dari 15 x 50 ÷ 30 adalah....
a. 25                                   c. 45
b. 35                                  d. 55

Kunci: A
Pembahasan:
15 x 50 ÷ 30 = No. 1.1 = No. 1.2 = 25
separator UASBN SD Kelas 6
2. Topik : Bilangan
Subtopik: Pangkat dan Akar Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar

Hasil dari 172 – 152 adalah....
a. 4                               c. 64
b. 16                            d. 128

Kunci: C
Pembahasan:
172 – 152 = (17 x 17) – (15 x 15)
= 289 – 225
= 64
separator UASBN SD Kelas 6
3. Topik : Bilangan
Subtopik: Pecahan
Indikator: Peserta didik mampu mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya

No. 3.1diubah ke persen menjadi....
a. 125%                                              c. 165%
b. 145%                                             d. 175%

Kunci: D
Pembahasan:
Ubah pecahan campurannya ke percahan biasa
No. 3.1 = 74→kalikan dengan 100%
= 74×100% = 175%
separator UASBN SD Kelas 6
4. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)

Hasil dari 70 – (–25) adalah....
a. –95                                      c. 45
b. –45                                     d. 95

Kunci: D
Pembahasan:
Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:
70 – (–25) = 70 + 25
= 95
separator UASBN SD Kelas 6  5. Topik: Bilangan
Subtopik: FPB dan KPK
Indikator: Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi

FPB dari 48, 72 dan 96 adalah....
a. 25 x 3                                       c. 23 x 3
b. 24 x 3                                      d. 22 x 3

Kunci: C
Pembahasan:
null
 Maka FPB nya adalah = 23×3
separator UASBN SD Kelas 6
6. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.

Kebun Pak Warno berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 4,2 dam dan lebar 370 dm. Keliling kebun Pak Warno adalah...meter
a. 82,4                                                    c. 158
b. 124                                                     d. 225

Kunci: C
Pembahasan:
Karena hasil yang ditanya dalam bentuk meter, maka ubah terlebih dahulu satuan panjang dan lebarnya ke dalam meter
Panjang = 4,2 dam = 4,2 x 10 m = 42 m
Lebar     = 370 dm = 370 : 10 m = 37 m
Keliling = 2 x (panjang + lebar)
                = 2 x (42 m + 37 m)
                = 2 x 79 m
                = 158 meter
Jadi, keliling kebun Pak Warno adalah 158 meter
separator UASBN SD Kelas 6
7. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.

Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6 gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Tuti dan sebanyak 2 gros dipinjam oleh Bu Ayu. Piring yang tersisa di tempat tersebut sebanyak...buah
a. 528                                      c. 628
b. 588                                     d. 688

Kunci: A
Pembahasan:
1 gross = 144 buah
1 lusin = 12 buah
Jumlah semua piring = 6 x 144 = 864 buah
Dipinjam Bu Tuti = 4 x 12 = 48 buah
Dipinjam Bu Ayu = 2 x 144 = 288 buah
Sisa piring = Jumlah semua piring – dipinjam Bu Tuti – dipinjam Bu Ayu
= 864 – 48 – 288
= 528 buah
separator UASBN SD Kelas 6
8. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya

Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini!
1. Memiliki 4 sisi yang sama panjang
2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3. Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah....
a. persegi panjang                                               c. trapesium
b. layang-layang                                                  d. belah ketupat

Kunci: D
Pembahasan:
Bangun yang memenuhi semua sifat-sifat di atas adalah belah ketupat, karena:
  • pada persegi panjang semua sudutnya sama besar dan kedua diagonal berpotongan tidak tegak lurus
  • pada layang-layang kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus, tetapi tidak sama panjang
  • pada trapesium hanya terdapat dua pasang sudut yang sama besar dan diagonalnya sama panjang
separator UASBN SD Kelas 6
9. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.

Tiga buah tangki masing-masing berisi minyak tanah 4,25 m3, 2.500 liter, dan 5.500 dm3. Jumlah minyak tanah seluruhnya ada...liter
a. 10.700                                                   c. 12.250
b. 11.425                                                  d. 13.396

Kunci: C
Pembahasan:
Ubah semua satuannya menjadi liter, maka
4,25 m3 = 4,25 x 1.000 liter = 4.250 liter
5.500 dm3 = 5.500 x 1 liter = 5.500 liter
Jumlah seluruh minyak tanah
= 4,25 m3+ 2.500 liter + 5.500 dm3
= 4.250 liter + 2.500 liter + 5.500 liter
= 12.250 liter
separator UASBN SD Kelas 6
10. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya

Perhatikan sifat-sifat bangun ruang di bawah ini!
  1. Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas
  2. Memiliki 8 titik sudut
  3. Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang
Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah....
a. balok                                                c. tabung
b. kubus                                              d. kerucut

Kunci: A
Pembahasan:
Bangun yang memiliki sifat-sifat di atas adalah balok, karena:
  • pada kubus terdapat 6 sisi yang berbentuk persegi sama luas
  • pada tabung tidak terdapat titik sudut
  • pada kerucut memiliki 1 titik puncak
separator UASBN SD Kelas 6
11. TopikGeometri dan Pengukuran
SubtopikSatuan Ukuran
IndikatorPeserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda

Pak Imam mempunyai tiga kebun yang luasnya 3 ha, 1.900 m2, dan 1,75 are. Jika kebunnya dijual 2,5 ha, maka luas kebun Pak Imam sekarang...m2
a. 5.075                                           c. 7.075
b. 6.075                                          d. 8.075

Kunci: C
Pembahasan:
Karena hasil yang diminta dalam satuan m2, maka ubah semua satuannya menjadi m2
3 ha = 3 x 10.000 m2 = 30.000 m2
1,75 are = 1,75 x 100 m2 = 175 m2
2,5 ha = 2,5 x 10.000 m2 = 25.000 m2
Maka, luas kebun Pak Imam sekarang
= 30.000 m2 + 1.900 m2 + 175 m2 – 25.000 m2 = 7.075 m2
separator UASBN SD Kelas 6 12. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang

Sebuah kaleng berbentuk balok dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 18 cm diisi minyak goreng sampai penuh. Volume minyak goreng di dalam kaleng adalah...cm3
a. 7.700                                             c. 9.000
b. 8.200                                            d. 10.100

Kunci: C
Pembahasan:
Volume minyak goreng dalam kaleng = volume balok
Volume balok = p x l x t
V= p x l x t
V= 25 cm x 20 cm x 18 cm
V = 9.000 cm3
separator UASBN SD Kelas 6
13. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Bidang Letak dan Koordinat
Indikator: Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat

Koordinat titik P pada gambar berikut adalah....
a. (-2, -4)                                      c. (2, -4)
b. (-2, 4)                                       d. (2, 4)

Kunci: D
Pembahasan:
null
Titik P berada di kuadran I, di mana nilai X positif dan nilai Y positif. Dari gambar terlihat P (2, 4)
separator UASBN SD Kelas 6
14. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menyelsaikan masalah penalaran yang melibatkan
operasi hitung bilangan bulat

Banyak siswa di sekolah Mekar Sari 210 orang, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah
perkelas sama. Di kelas tiga bertambah 2 siswa pindahan. Maka jumlah siswa di kelas tiga adalah....
a. 37
b. 38
c. 39
d. 40

Kunci: A
Pembahasan:
Diketahui:
Total siswa = 210
Jumlah kelas = 6
Siswa tambahan kelas tiga = 2
Ditanya: Jumlah siswa kelas 3 = … ?
Jawab:
210 : 6 + 2 = 35 + 2 = 37 siswa
separator UASBN SD Kelas 6
15. Topik : Geometri dan Pengukuran
Subtopik : Satuan Ukur
Indikator : Peserta didik mampu menyelsaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan panjang yang berbeda

Hasil dari 200 km + 15 hm – 21.000 m adalah…m
a. 180.500
b. 181.680
c. 182.366
d. 183.658

Kunci: A
Pembahasan:
null 
200 km x 1000 m = 200.000 m
15 hm x 100 m = 1500 m
Maka 200.000 m + 1500 m – 21.000 m = 180.500 m
separator UASBN SD Kelas 6
16. Topik : Geometri dan Pengukuran
Subtopik : Sifat dan unsur bangun datar (Segitiga, Segiempat, Lingkaran)
Indikator : Peserta didik mampu menentukan luas segiempat

Perhatikan gambar di bawah ini!
 No. 16
Luas bangun datar di atas adalah….
a. 121
b. 169
c. 225
d. 625

Kunci: C
Pembahasan:
Luas persegi = sisi x sisi
Luas persegi = 15 x 15 = 225 cm2
separator UASBN SD Kelas 6
17. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Bidang dan Letak Koordinat
Indikator: Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat

Perhatikan gambar di bawah ini!
 No. 17
Titik koordinat A dan C pada gambar adalah….
a. (5,-2) dan (-4, 2)
b. (5,-2) dan (-5, -3)
c. (7,4) dan (-4, -2)
d. (7,4) dan (-5, -3)

Kunci: D
Pembahasan:
Titik koordinat dimulai dari sumbu x lalu ke sumbu y
A = (7, 4)
B = (-4, 2)
C = (-5, -3)
D = (5,-2)
separator UASBN SD Kelas 6
18. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Simetri dan Pencerminan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil pencerminan bangun datar

Gambar yang merupakan hasil pencerminan suatu bangun datar adalah….
a.    No. 18
b.    null

c.    null

d.    null

Kunci: C
Pembahasan:
Gambar suatu pencerminan harus memiliki ciri-ciri: jarak benda dengan jarak bayangan sama, tinggi benda dan bayangan sama, besar benda sama, dan posisi bayangan berlawanan. Gambar yang memenuhi ciri tersebut adalah yang C.
null
 separator UASBN SD Kelas 6
19. Topik: Pengolahan Data
Subtopik: Mengumpulkan dan Mengolah Data
Indikator: Peserta didik mampu membaca data dalam bentuk tabel atau data
acak/random

Perhatikan tabel persediaan buah di rumah Dimas!
No. 19
Persediaan buah dengan jumlah yang sama adalah….
a. manga dan manggis
b. pisang dan alpukat
c. apel dan pisang
d. jeruk dan alpukat

Kunci: C
Pembahasan:
Berdasarkan tabel persediaan buah Dimas dengan jumlah yang sama adalah apel dan pisang
 separator UASBN SD Kelas 6
20. Topik: Pengolahan Data
Subtopik: Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Data
Indikator: Peserta didik mampu menyelsaikan masalah bertema kegiatan ekonomi
yang berkaitan dengan rata-rata

Perhatikan tabel uang jajan di bawah ini!
NamaUang Jajan
Andi
Budi
Cici
Dani
Emil
Rp5.000
Rp7.000
Rp6.000
Rp5.500
Rp6.500
JumlahRp30.000
Rata-rata uang jajan pada tabel tersebut adalah….
a. Rp5.000
b. Rp6.000
c. Rp7.000
d. Rp8.500

Kunci: B
Pembahasan:
Mencari rata-rata adalah jumlah keseluruhan dibagi banyaknya data
Jumlah uang jajan = Rp30.000
Banyaknya data = 5
Maka Rp30.000,00 : 5 = Rp6.000
separator UASBN SD Kelas 6
Naaaah gimana Squad? Paham kan sama penjelasannya? Ngomong-ngomong, kamu latihan soalnya bareng siapa nih? Sendiri, ditemenin orang tua, atau sama temen-temen? Sama siapapun itu, yang penting tetep fokus yaa. 
Kalau kamu masih ada beberapa yang dibingungin, tenang aja. Kamu bisa mendapatkan penjelasannya dengan cara mendownload aplikasi ruangguru, kemudian kamu berlangganan sekolah Online Di sana kamu akan ketemu sama guru-guru yang keren, dan mereka akan menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan beragam animasi. Seru deh pokoknyaaa.