tips belajar bersama anak
Artikel kali ini akan membahas tentang tips mendampingi anak yang punya banyak PR saat kegiatan belajar di rumah. Ingin tahu apa saja tipsnya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.
---
Pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah harus dilakukan di rumah. Tentunya hal ini bagi sebagian orang tua akan merasa kaget dan sedikit kerepotan. Terlebih orang tua yang sehari-hari bekerja kantoran. Belum usai permasalahan tentang cara mengawasi anak benar atau tidak belajar secara mandiri, kini timbul permasalahan baru yakni banyaknya tugas atau PR yang diberikan oleh guru.
Bergantinya cara mengajar yang awalnya tatap muka di kelas menjadi online membuat guru harus memberikan tugas yang cukup banyak. Apalagi, dengan ditiadakannya ujian nasional, bukan tidak mungkin bahwa tugas-tugas yang diberikan ke siswa ini menjadi salah satu indikator penilaian pengganti ujian nasional. Nah, buat para orang tua yang mengalami kebingungan atau kesulitan mendampingi perkembangan PR yang dikerjakan anak di rumah. Berikut ada 3 tips singkat yang bisa Anda terapkan.

1. Cek PR berdasarkan tenggat waktu pengumpulan

menemani anak belajarsumber foto: rijal09.com
Kebijakan belajar di rumah yang ditetapkan pemerintah selama pandemi COVID-19 tentu punya dampak yang pastinya bisa sangat dirasakan oleh orang tua. Seketika, orang tua berubah peran menjadi guru yang biasanya dipegang oleh guru-guru sekolahnya. Menjawab pertanyaan yang muncul dari benak anak, hingga memastikan PR harus selesai dikerjakan.
Berbicara tentang PR, karena mata pelajaran di sekolah itu lumayan banyak, maka jumlah PR atau tugas pun juga akan banyak. Tak ayal beberapa anak malah bingung ingin mengerjakan PR yang mana dahulu. Sebagai orang tua, baiknya memantau pengerjaan tugas PR yang diberikan guru dan prioritaskan pengerjaan sesuai dengan tenggat waktu pengumpulan. Hal ini perlu dilakukan agar anak tidak “keteteran” dalam mengerjakan tugas dan masih memiliki waktu untuk beristirahat.

2. Bangun diskusi pada anak terkait PR yang diberikan

waktu belajar dengan anaksumber foto: tempo.co
Banyaknya PR yang harus dikerjakan anak, tidak jarang membuat anak stres dan tertekan. Bisa saja mereka meluapkan rasa tertekan itu dengan keluar bermain tanpa seizin orang tua. Maka, untuk itu diperlukan sebuah diskusi kepada anak. Orang tua harus proaktif untuk menanyakan perkembangan PR yang diberikan oleh guru.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi COVID-19

Paling mudahnya, orang tua bisa menanyakan PR mana yang sulit dan mana yang mudah. Orang tua harus bisa mendengar keluh kesah anak terkait PR. Tidak semua mata pelajaran dikuasai oleh masing-masing anak. Ada anak yang kuat di bidang eksak, tapi kurang di bidang sosial humaniora. Begitu pula sebaliknya. Adanya diskusi ini juga bisa membantu orang tua memetakan kemampuan anak dalam belajar.

3. Komunikasikan dengan guru

pantau anak belajarsumber foto: kompasiana.com
Poin ketiga ini kadang dilupakan oleh sebagian orang tua. Iya, menjalin komunikasi dengan guru. Di era teknologi digital sekarang ini, rasanya tidak sulit untuk menghubungi guru yang menjadi orang tua anak di sekolah. Sebagai orang tua, berkomunikasi dengan guru bisa menjadi salah satu cara untuk memantau PR si anak.
Orang tua bisa menanyakan bagaimana progres perkembangan si anak, kelebihan dan kelemahan anak itu berada di bagian apa, dan masih banyak lagi. Selain itu, sangat baik sekali jika orang tua mau berdiskusi tentang pemberian PR itu sendiri. Bertanya tentang alasan guru memberika tugas tersebut, atau ke depannya tugas-tugas yang dijadikan PR itu nantikan akan jadi penilaian pada aspek mana.
Itu tadi 3 tips singkat mendampingi PR anak yang sedang belajar di rumah selama pandemi COVID-19. Kami harap tips tersebut bisa membantu para orang tua agar lebih mudah dalam mendampingi kegiatan belajar mengajar secara mandiri di rumah. Para orang tua juga bisa mencoba layanan pendidikan gratis dari Ruangguru, yakni Sekolah Online Ruangguru. Ada live teaching (pembelajaran langsung) yang diajarkan oleh Master Teacher Ruangguru. Tidak perlu khawatir dengan jenjang dan kelas yang ada, karena sudah tersedia dari kelas 1 SD sampai 12 SMA. Ayo klik banner di bawah ini untuk info selengkapnya tentang #SekolahOnlineRuangguru ya.
Sekolah Online Ruangguru